KK 02. MENERAPKAN FUNGSI PERIPHERAL DAN INSTALASI PC PART I




PENGERTIAN

          Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya. Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.


Peripheral merupakan semua peralatan yang terhubung dengan komputer berdasarkan kegunaannya periperal terbagi dua yaitu



1. periperal utama( main peripheral )yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer contoh peripheral utama yaitu: monitor,keyboard,dan mouse

2. peripheral pendukung(auxillary peripheral)yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.contohnya yaitu:printer.scanner,modem,web can dll.
sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer menjadi:

1. perangkat masukan (input).adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer.perangkat tersebut antara lain keyboard,mouse,scanner,digitizer,kamera digital,microphone dan peripheral lainnya.

2.perangkat keluaran (output),adalah peralatan yanmg kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer.perangkat tersebut disebut antara lain monitor,printer,plotter,speaker dll.

CONTOH PERIPHERAL :

  Ø  Printer
     Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun yang lainnya. Ada tiga jenis printer yang beredar dipasaran. Dot matrik, Ink Jet, & Laser Jet. Printer Dot Matrik merupkn printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya. Ink Jet menggunakan tinta, sedangkan laser jet menggunakan serbuk laser. Sedangkan jenis konektor printer ada dua macam yaitu melalui konektor Paralel Port dan USB Port.

 Ø  Scanner
                   Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Yaitu memindai gambar dan text. Hanya saja hasilnya akan terlihat di layar, bukan di kertas. Scanner tidak akan bekerja pada sistem operasi apabila tidak ada driver di dalam sistem operasi tersebut.













What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.