TIPS BLOG : 11.MEMBUAT SCREEN SAVER





Energy savingmode/screensaver di blog/web adalah kondisi standby dimanaseluruh process dihentikan sementara. Proses-proses yang berjalan misalnyaadalah gambar grafik bergerak (misalnya: .gif), flash video, auto scrollingwidget, dan masih banyak lagi. Dengan adanya plugin screensaver tersebut, proses-prosesdalam suatu halaman web dihentikan (paused) dan muncul sebuah tampilan barusederhana di atas halaman. Jadi, energy dan proses yang digunakan oleh komputerdapat diminimalisir. Itulah mengapa, seringkali aplikasi ini dikaitkan dengangerakan hemat energy dan save green environment. Aplikasi screensaver akan dihentikan kinerjanya oleh browser (dikembalikan ketampilan semula) ketika pengunjung/visitor menggerakkan mouse (mouse over)

Aplikasisejenis yang paling mudah digunakan adalah aplikasi screensaver (energy savingmode) buatan onlineleaf.com. Sebelumnya saya pernah mereview kelemahanOnlineLeaf screensaver ini, yaitu waktu browser melakukanrequest ke server Online Leaf sangat lama karena menunggu respon,sehingga  ikut memperlambat waktu loading blog/web. Namun, saat ini(sampai saat artikel ini ditulis), load-time sudah dalam keadaan normal. Salahsatu resiko menggunakan eksternal javascript adalah kasus semacam itu. Jadi,bagi anda yang ingin memasang aplikasi screensaver ini, pertimbangkan matang-matang sebelummenggunakannya.

Caramemasang energy saving mode (screensaver) pada blog (blogger)/web:

1. Masuk keedit HTML/Edit Template, cari (CTRL + F) tag </head>.
2. Copy danpaste script screensaver berikut tepat di atas/sebelum </head>.

<scriptlanguage='javascript' src='http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js'type='text/javascript'/>

Script diatas menggunakan Jquery JS library, jika web anda menggunakan javascriptlibrary yang lain, gunakan script berikut untuk menghindari crash/conflictdengan jquery dan gagalnya aplikasi:

<scriptlanguage='javascript' src='http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js'type='text/javascript'/>
<script>jQuery.noConflict();</script>


KOSTUMISASISCREENSAVER BLOG

Kostumisasi waktu screensaver sebelum standby mode:
Trik ini sangat sering digunakan pada url javascript untuk meng-override waktudefault. Untuk memberikan waktu/jeda sebelum aplikasi screensaver muncul danbekerja, tambahkan ?time=x dibelakang url script. X adalah jumlah detik.

<scriptlanguage='javascript' src='http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js?time=80' type='text/javascript'/>

Denganscript seperti contoh di atas, energy saving mode akan bekerja setelah 80 detik

Kostumisasibahasa dalam tampilan screensaver:
Jika inginmengganti kata-kata dalam tampilan screesaver yang secara default menggunakanbahasa inggris, tambahkan ?lang=kodebahasa.Berikut support bahasa yang dapat digunakan dan kodenya:

ak - Akan
gr - Greek
sl - Slovenian
da - Danish
id - Indonesian
se - Swedish
de - German
jp - Japanese
sk - Slovak
en - English
it - Italian
sw - Swahili
es - Spanish
nl - Dutch
tr - Turkish
fr - French
pl - Polish
vi - Vietnamese
fi - Filipino
pt - Portuguese
hr - Croatian
Table Cell
bpt - Brazilian Portuguese
ro - Romanian

Jika inginset dalam Bahasa Indonesia, maka tambahkan ?lang=id seperticontoh berikut:

<scriptlanguage='javascript' src='http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js?lang=id' type='text/javascript'/>

3. Save template.
Bagipengguna blog WordPress, cara memasang aplikasi ini sangat mudah, cukupdownload PluginScreensaver (Energy Saving Mode) saja.
                                                                                          

Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Pleaselink back artikel ini dengan code ini atau share dengan Facebook likediatas/sharing tool di bawah. Copy paste wajib dengan sepengetahuan dan ijinsaya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akanberlakukan secara langsung tanpa pemberitahuan atascopas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.



What's on Your Mind...

Diberdayakan oleh Blogger.